Apakah Strategi Marketingmu Masih Relevan? Yuk, Cek dengan Audit Pemasaran!
Apakah Strategi Marketingmu Masih Relevan? Yuk, Cek dengan Audit Pemasaran!
Strategi marketing yang anda laksanakan lima tahun selanjutnya belum pasti tetap relevan saat ini. Oleh dikarenakan itu, anda wajib laksanakan audit pemasaran atau marketing audit.
Biasanya, arti ‘audit’ lebih banyak dipakai saat mengkaji laporan keuangan perusahaan.
Namun, ternyata arti ini juga kerap digunakan didalam bidang pemasaran.
Dalam artikel ini, Glints dapat mengkaji pengertian, manfaat, dan langkah laksanakan audit pemasaran. Yuk, simak penjelasannya tersebut ini!
Baca Juga: Ikuti 7 Tren Marketing di Tahun 2020-2021 Ini agar Bisnis Makin Maju
Apa Itu Audit Pemasaran? jasa audit
audit pemasaran
Saat ini, ada banyak strategi marketing yang sanggup anda menentukan untuk menarik perhatian masyarakat pada brand-mu. Beberapa di antaranya yaitu digital marketing, content marketing, dan referral marketing.
Namun, apakah anda percaya bahwa strategi tersebut tetap sesuai dengan kebutuhan target pelangganmu? Belum tentu.
Seiring berjalannya waktu, kebiasaan pelanggan dapat tetap berubah. Kamu pun wajib sesuaikan strategi marketing-mu.
Bagaimana caranya? Salah satu upaya yang sanggup anda laksanakan adalah audit pemasaran.
Audit pemasaran atau marketing audit adalah kegiatan memeriksa dan menganalisis aktivitas, target, dan target pemasaran, seperti dikutip berasal dari Study.
Kamu sanggup menilai apakah kegiatan marketing-mu sepanjang ini telah baik atau belum. Jika belum, cari memahami anggota apa yang membawa dampak hasilnya tidak cukup maksimal.
Dari hasil audit pemasaran tersebut, anda sanggup menentukan langkah selanjutnya untuk membawa dampak strategi marketing yang lebih baik.
Tak hanya itu, audit pemasaran juga dijalankan untuk memfokuskan ulang upaya marketing-mu.
Selama ini, anda mungkin laksanakan kegiatan pemasaran yang belum sesuai dengan target awal.
Nah, dengan marketing audit, anda sanggup mengingat ulang target dan sasaran awalmu. Kemudian, anda sanggup menyempurnakan strategi marketing-mu saat ini sesuai target tersebut.
Audit pemasaran dijalankan secara internal dan eksternal.
Audit internal dijalankan untuk mengevaluasi berlebihan dan kekurangan strategi marketing berasal dari sisi perusahaan dan tim marketing.
Sementara itu, audit eksternal dijalankan untuk lihat bantuan dan halangan berasal dari luar perusahaan.
Baca Jga: Digital Marketing dan Internet Marketing, Apa Perbedaannya?
Manfaat Audit Pemasaran
cara efisien brainstorming saat corona
Jika bekerja di bidang marketing, audit pemasaran adalah suatu hal yang wajib anda laksanakan di tiap-tiap periode saat tertentu.
Pasalnya, peran marketing audit amat perlu bagi kesuksesan sebuah upaya pemasaran.
Apa saja manfaatnya? Lima di antaranya yaitu:
mengidentifikasi hambatan
menyesuaikan kegiatan marketing dengan target awal
menentukan strategi baru
memahami strategi kompetitor
menghemat saat dan biaya
Komentar
Posting Komentar